IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X DI SMA N KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN

Amalia, Dina (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X DI SMA N KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.cover.pdf

Download (17kB) | Preview
Preview
Text
2.PERNYATAAN.pdf

Download (235kB) | Preview
Preview
Text
3.NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (147kB) | Preview
Preview
Text
4 Pengesahan.pdf

Download (240kB) | Preview
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
Preview
Text
9.Daftar isi.pdf

Download (94kB) | Preview
Preview
Text
10.BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
Preview
Text
12.BAB III.pdf

Download (469kB) | Preview
Preview
Text
13.Bab IV.pdf

Download (233kB) | Preview
Preview
Text
14.Bab V.pdf

Download (92kB) | Preview
Preview
Text
15.Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas X di SMA N 1 Kedungwuni Kabupten Pekalongan dilatarbelakangi oleh adanya perubahan model pembelajaran pada mata pelajaran disekolah, termasuk mata pelajaran PAI yaitu pembelajaran PAI yang berbasis pendekatan saintifik, karena ditetapkannya kurikulum 2013. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi : bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis saintifik kelas X di SMA N1 Kedungwuni dan faktorfaktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik kelas X di SMA N 1 Kedungwuni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik pada kelas X di SMA N 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan pelaksanaan pembelajaran PAI kelas X di SMA N 1 Kedungwuni telah dilaksanakan melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menalar dan mengkomunikasikan, namun belum maksimal karena pembelajarannya masih terbatas pada kegiatan membaca buku, melihat tayangan, tanya jawab, penugasan, diskusi dan presentasi didalam kelas. Faktor pendukungnya antara lain siswa yang aktif, guru yang berkompeten, metode pembelajaran yang bervariatif, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah belum adanya buku pelajaran Pendidikan Agma Islam dan Budi Pekerti dari pusat dan alokasi waktu mengajar yang sedikit. Faktor pendukung dan penghambat ini mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di SMAN 1 Kedungwuni. Upaya yang dilakukan oleh SMA N 1 Kedungwuni untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaarn PAI berbasis pendekatan saintifik antara lain mengadakan pelatihan atau workshop tentang kurikulum 2013, mengikutkan guru dalam pelatihan kurikulum 2013, serta mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang baik. Upaya ini mampu mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI, Pendekatan Saintifik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:13
Last Modified: 27 Oct 2016 04:13
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item