Tini, Dewi Agus (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMP NEGERI 9 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER_JUDUL.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB_I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB_II.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB_III.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB_V.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan suatu yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan optimal. Kompetensi pedagogik meliputi: pemahaman wawasan, pemahamna terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pngembangan siswa. Pada hakikatnya penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan ditentukan oleh faktor guru dan unsur-unsur penunjang lainnya. Kompetensi pedagogik guru yang rendah akan berdampak pada rendahnya mutu (kualitas) pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan, untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yang pertama adalah analisis pendahuluan, yang kedua analisis uji hipotesis dengan bantuan program aplikasi SPSS 17.0. dan yang terakhir yaitu analisis tindak lanjut, atau penarikan kesimpulan dari hipotesis yang penulis ajukan. Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap varibel Y penulis menggunakan rumus regresi sebagai berikut Ŷ = a + bX. Diperoleh persamaan Ŷ=20,825+0,855. Selain itu diperoleh pula nilai r hitung sebesar 0,711, dan nilai r square sebesar 0,505. Hal ini menunjukkan bahwa 50,5% hasil belajar PAI siswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik, hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 03 May 2016 07:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 07:26 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
View Item |