PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMP NEGERI 9 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tini, Dewi Agus (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMP NEGERI 9 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER_JUDUL.pdf

Download (30kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (314kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (348kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB_I.pdf

Download (253kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB_II.pdf

Download (203kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB_III.pdf

Download (779kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
14. BAB_V.pdf

Download (855kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan suatu yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan optimal. Kompetensi pedagogik meliputi: pemahaman wawasan, pemahamna terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pngembangan siswa. Pada hakikatnya penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan ditentukan oleh faktor guru dan unsur-unsur penunjang lainnya. Kompetensi pedagogik guru yang rendah akan berdampak pada rendahnya mutu (kualitas) pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan, untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yang pertama adalah analisis pendahuluan, yang kedua analisis uji hipotesis dengan bantuan program aplikasi SPSS 17.0. dan yang terakhir yaitu analisis tindak lanjut, atau penarikan kesimpulan dari hipotesis yang penulis ajukan. Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap varibel Y penulis menggunakan rumus regresi sebagai berikut Ŷ = a + bX. Diperoleh persamaan Ŷ=20,825+0,855. Selain itu diperoleh pula nilai r hitung sebesar 0,711, dan nilai r square sebesar 0,505. Hal ini menunjukkan bahwa 50,5% hasil belajar PAI siswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 03 May 2016 07:00
Last Modified: 31 Oct 2016 07:26
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item