Mustikawati, Christina (2015) Hubungan Umpan Balik Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 9 Batang. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 5.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan umpan balik merupakan sebuah proses di kelas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Batang. Melalui cara umpan balik guru dapat mengetahui sejauh mana materi yang disampaikan dapat dikuasai siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukannya. Guru harus mampu menggunakan prosedur umpan balik yang baik karena cara ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswanya. Proses belajar mengajar di kelas selalu menuntut adanya motivasi dalam diri setiap siswa. Motivasi belajar dapat mempengaruhi kemampuan siswa terutama dalam kualitas pengajaran yang dilakukan oleh guru sebagai pemberi arahan pada kegiatan belajar. Karena perilaku atau kegiatan setiap siswa selalu terarah terhadap sesuatu dan didorong oleh suatu kekuatan atau motivasi untuk mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Dalam penelitian ini peneliti memaparkan tiga permasalahan yaitu Bagaimana umpan balik yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP Negeri 9 Batang?, Bagaimana motivasi belajar siswa SMP Negeri 9 Batang?, Adakah hubungan umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui umpan balik, motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang, dan hubungan umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) karena peneliti terjun langsung ke lokasi yang dijadikan objek penelitian yaitu SMP Negeri 9 Batang. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umpan balik di SMP Negeri 9 Batang termasuk dalam kategori baik, karena nilai rata-rata angket sebesar 49 yang berada pada interval 49-52. Sedangkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang termasuk dalam kategori sedang, karena nilai rata-rata angket sebesar 47 yang berada pada interval ketentuan penilaian 46-49. Hal ini menunjukkan bahwa umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 9 Batang terdapat korelasi positif yang kuat. Hal ini dapat dibuktikan dari interpretasi terhadap nilai indeks korelasi xy r data hasil skala. Pada interpretasi 0,688 xy r berada antara 0,60 – 0,79. Hal ini berarti antara umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang terdapat korelasi positif yang signifikan. Adapun untuk taraf signifikan 5% didapat = 0,254 dan untuk taraf signifikan 1% di dapat 0,330. Dengan demikian xy r > pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Maka, ditolak diterima. Sedangkan Pada taraf signifikan 1% = 0,330 berarti xy r > , maka ditolak diterima. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X (umpan balik) dengan variabel Y (motivasi belajar PAI siswa). Artinya bahwa umpan balik memiliki korelasi positif yang signifikan dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 03 May 2016 06:48 |
Last Modified: | 03 May 2016 06:48 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/118 |
Actions (login required)
View Item |