Fitriyana, Indah (2016) KONSEP KURIKULUM MADRASAH DINIYAH AWALIYAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCETAK GENERASI ISLAM DAN BERKUALITAS (Studi kasus MDA Salafiyah Moga Pemalang). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
4. Pengesahan.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah, Bukti nyata melemahnya moral pelajar yang ada di desa Moga dikarenakan kurangnya penguasaan Imtaq adalah, terjadi kenakalan anak dan remaja di desa Moga. Contohnya seperti banyak anak-anak merokok, pergaulan bebas, pulang tengah malam, dan masih banyak lainnya. Mereka berkeinginan untuk meniru gaya hidup orang kota dan idola mereka. Semua itu dapat mereka ketahui dengan mudah melalui teknologi yang kian canggih sekarang ini imbas dari melesatnya perkembangan iptek. Mereka dapat mengetahui apa saja, darimana saja dan kapan saja. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kerangka dasar dari konsep kurikulum di Madrasah Diniyah Awaliyah Moga, bagaimana pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Moga dalam mencetak generasi yang Islami dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang kerangka dasar kurikulum di Madrasah Diniyah Awaliyah Moga untuk mengetahui secara menyeluruh dan mendalam tentang konsep kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Moga dalam mencetak generasi Islami dan berkualitas. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah membantu dalam menyusun format kurikulum yang baku untuk semua Madrasah Diniyah Awaliyah di Indonesia, sebagai pencetus model kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah, sebagai sumbangsih khazanah keilmuan kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field study research) atau penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum madrasah diniyah awaliya dapat disusun secara sedemikian rupa dengan memodifikasi kurikulum Kemenag dan LP Ma’arif NU. Dalam proses pelaksanaan terstruktur dan konsisten untuk dapat mencetak generasi Islami yang bekualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Kurikulum Madrasah Diniyah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 05:24 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 05:24 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1172 |
Actions (login required)
View Item |