Habibah, Nur (2016) PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN PAI KELAS VI DI SDN WATES 01 WONOTUNGGAL BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
2. pernyataan keaslian.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
3. nota pembimbing.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
4. pengesahan.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Peran guru dalam pelaksanaan KTSP sangat dominan, terutama dalam menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tidak saja dalam program tertulis, tetapi juga dalam pembelajaran nyata di kelas. Kurikulum ini dibuat oleh guru di setiap satuan pendidikan untuk menggerakkan mesin utama pendidikan, yakni pembelajaran. Salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan keefektivan belajar siswa adalah pengetahuan ke arah dan tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum KTSP mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Wates 01 Wonotunggal Batang? (2) Faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat pelaksanaan Kurikulum KTSP mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Wates 01 Wonotunggal Batang? Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum KTSP mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Wates 01Wonotunggal Batang, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pelaksanaan Kurikulum KTSP mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Wates 01 Wonotunggal. Manfaat penelitian, secara teoritis, sebagai sumbangan ilmu pengetahuan khusus, dan untuk memberikan informasi akademis bagi penyempurnaan kegiatan belajar mengajar PAI dengan menggunakan KTSP. Secara praktis, memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisisnya terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Dalam pelaksanaan KTSP Mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Wates 01 Wonotunggal Batang, guru melakukan perencanaan pembelajaran PAI dan pelaksanaanya. Dalam hal perencanaan, guru PAI kelas VI di SDN Wates 01 Wonotunggal Batang, selalu aktif dalam membuat RPP sesuai KTSP, Dalam hal pelaksanaan pembelajaran PAI, guru PAI memulai dimulai dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama islam di SDN Wates 01 Wonotunggal Batang, ada kerjasama baik antara pihak sekolah dan para wali murid, keaktifan dan antusias para siswa, dukungan dari kepala sekolah, Faktor penghambat pelaksanaan PAI di SDN Wates 01 Wonotunggal Batang, adalah kurang buku penunjang, kurang dukungan orangtua terhadap pendidikan agama, serta perbedaan kemampuan siswa dalam menerima materi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KTSP, Mapel PAI |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
| Date Deposited: | 11 Oct 2016 02:49 |
| Last Modified: | 11 Oct 2016 02:49 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1161 |
Actions (login required)
| View Item |