Nurhidayah, Chikmah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA SISWA KELAS V MI MUALLIMIN WIDODAREN KECAMATAN PETARUKAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pernyataan keaslian.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
3. Nota pembimbing.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
4. pengesahan.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
9.DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
12.BAB III.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
13.BAB IV.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB V.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas pembelajaran aqidah akhlak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh selama ini mata pelajaran aqidah akhlak sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat tidak disukai siswa MI kelas V Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan, karena dianggap pelajaran yang tidak penting, membosankan dan tidak termasuk dalam mata pelajaran yang ikut UAN, tetapi guru harus bisa membawa siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar Aqidah Akhlak Materi Mengenal Allah Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012?; 2) Bagaimanakah pelaksanaan metode giving question and getting answer pada pembelajaran Aqidah Akhlak Materi Mengenal Allah Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012?; 3) Bagaimanakah upaya meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak Materi Mengenal Allah Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 12 siswa putri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus Persentase Perubahan sebagai berikut: x Percentage Change Base rate Post rate - Base rate 100% Hasil penelitian menunjukkan metode giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak tentang Mengenal Allah pada siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 17,11%. Peningkatan sebesar 17,11% tersebut diperoleh dengan membandingkan nilai rata-rata kelas prasiklus dengan nilai rata-rata siklus II. Bukti lainnya adalah ketuntasan klasikal pada prasiklus 29,83%, pada siklus I meningkat menjadi 62,96% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92,59% berarti dapat meningkatkan ketuntasan klasikal sebesar 62,76%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 03 May 2016 05:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 00:17 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/116 |
Actions (login required)
View Item |