HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MII AL-AMIN DESA KALIBELUK KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG

Sudianto, Sudianto (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MII AL-AMIN DESA KALIBELUK KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. cover.pdf

Download (6kB) | Preview
Preview
Text
2. Pernyataan.pdf

Download (69kB) | Preview
Preview
Text
3. Nota pembimbing.pdf

Download (100kB) | Preview
Preview
Text
4. Pengesahan.pdf

Download (113kB) | Preview
Preview
Text
7. abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
Preview
Text
9. daftar isi.pdf

Download (157kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB 1.pdf

Download (498kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB 2.pdf

Download (351kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB 3.pdf

Download (549kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB 4.pdf

Download (429kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB 5.pdf

Download (207kB) | Preview
Preview
Text
15. daftar pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Guru sebagai pendidik mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam proses belajar-mengajar . untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, setiap guru sebaiknya memiliki beberapa kompetensi, artinya memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan prilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasainya dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya.Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang harus dikuasai guru mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan subtansi keilmuan yang menaungi materi, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuan. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MII Al- Amin Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang ? Bagaimana Motivasi Belajar siswa kelas VI dalam mengikuti mata pelajaran Akidah Akhlak? Bagaimana hubungan kompetensi profesional guru Akidah Akhlakterhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MII Al- Amin Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang ?Adapun tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru Aqidah Akhlak, Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa, Untuk mengetahui bagaimana hubungan profesionalisme guru Aqidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa. menambah cakrawala pengetahuan sebagai modal pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan mendidik, dapat menjadi wacana untuk mengembangkan keprofesionalan guru. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dimana analisis yang digunakan berupa data-data angka yang diolah dengan metode statistika. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode angket. Tekhnik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitiaan ini adalah dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif, dimana dari hasil perhitungan telah didapat pada taraf signifikan 1%, nilai rt = 0,478 sedangkan rh = 0,5188 maka harga rh > rt, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan motivasi belajar peserta didik di MI AL- Amin Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabuaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:05
Last Modified: 11 Oct 2016 02:05
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item