Rizqiyana, A'thi (2014) KONSEP NILAI-NILAI PROFETIK MENURUT KUNTOWIJOYO DAN RELEVANSINYA TERHADAP KURIKULM PAI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh out put dari sistem pendidikan yang belum mampu berkontribusi bagi perbaikan negeri ini. Di tengah geliat berbagai konsep pendidikan yang muncul saat ini, pendidikan profetik menjadi suatu alternatif bagi pendidikan di Indonesia. Pendidikan profetik menjadi sebuah solusi atas buruknya hasil pendidikan Indonesia yang hingga saat ini masih condong memihak pada kapitalisme. Menurut Kuntowijoyo, Islam perlu dipahami sebagai kerangka ilmu. Sebab, pola keilmuan akan lebih menjanjikan sifat yang obyektif, faktual dan terbuka. Sehingga, lewat kerangka ilmu itu, terutama yang empiris, umat Islam akan lebih bisa memahami realitas sebagaimana Al Qur’an memahaminya. Dengan cara itu, umat akan dapat melakukan transformasi sosial berdasarkan cita-cita dan profetik searah yang ditunjuk Al Qur’an, yaitu humanisasi, liberasi dan transdensi. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu ; Bagaimana Konsep Nilai-nilai Profetik menurut Kuntowijoyo? Dan Bagaimana Relevansi Nilai-nilai Profetik terhadap Kurikulum PAI tingkat Sekolah Dasar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai-nilai Profetik dan untuk mengetahui relevansinya terhadap kurikulum PAI di sekolah dasar. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode content analysis sebagai pisau analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentsi, yaitu meencari dan menggali data dari bahan-bahan bacaan yang terkait dengan permasalahan. Dari hasil analisis diketahui bahwa dalam dunia pendidikan nilai-nilai profetik sangat penting dan pendidikan sudah saatnya menjalankan misi profetik. Oleh karena itu, perlu adanya penyegaran kembali terhadap konsep pendidikan islam agar berfungsi sebagai praktek pembebasan dengan tetap berpegang diri pada pesan-pesan yang terdapat dalam al-qur’an, merujuk pada teori Kuntowijoyo tentang paradigma peofetik yang terdiri dari dimensi humanisasi, liberasi, dan trasendensi. Kurikulum pendidikan agama islam disekolah dasar yang tercantum dalam standar isi mempunyai relevansi dengan nilai-nilai profetik. Hal ini tampak dalam kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD yang mengandung nilai-nilai profetik. Dalam pendidikan profetik, pendidikan tidak hanya dilakukan untuk mengejar standar kompetensi dan tujuan didalam kurikulum saja. Siswa dalam setiap sesi mata pelajaran diajak berdialog, berdiskusi dan mengkontekskan apa yang sedanga dibahas dalam mata pelajaran tersebut dengan realitas sosial yang terjadi. Sehingga siswa memiliki wawasan dan pengetahuan akan kondisi masyarakat dan lingkungan tempat ia berada selama ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Profetik, Kuntowijoyo, Kurikulum PAI |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 02 May 2016 08:52 |
| Last Modified: | 27 Oct 2016 01:04 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
| View Item |