PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI BUARAN PEKALONGAN

Maulidina, Rakhmi (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI BUARAN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.cover.pdf

Download (53kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (99kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA DINAS.pdf

Download (108kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (203kB) | Preview
Preview
Text
7.A B S T R A K.pdf

Download (52kB) | Preview
Preview
Text
9.D A F T A R I S I.pdf

Download (58kB) | Preview
Preview
Text
10.Bab I.pdf

Download (331kB) | Preview
Preview
Text
11.Bab II.pdf

Download (337kB) | Preview
Preview
Text
12.Bab III.pdf

Download (805kB) | Preview
Preview
Text
13.Bab IV.pdf

Download (185kB) | Preview
Preview
Text
14.Bab V.pdf

Download (65kB) | Preview
Preview
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Motivasi siswa akan meningkat ketika kompetensi pedagogik guru tersebut menurut siswa positif, artinya bahwa siswa akan memiliki semangat belajar di sekolah apabila melihat gurunya memiliki kemampuan tentang kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang sekurang-kurangnya meliputi: pengetahuan wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana kompetensi pedagogik guru di MTs N Buaran Pekalongan? Bagaimana motivasi belajar siswa di MTs N Buaran Pekalongan? Seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs N Buaran Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru MTs N Buaran Pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar siswa MTs N Buaran Pekalongan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs N Buaran Pekalongan. Kegunaan penelitian sebagai masukan bagi di MTs N Buaran Pekalongan agar memperhatikan kompetensi pedagogiknya karena dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan rumus regresi linier sederhana. Pengolahan data regresi linear sederhana pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Kompetensi Pedagogik Guru di MTs N Buaran Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata angket sebesar 67 berada di interval 66 – 71 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Kedua, Motivasi belajar siswa di MTs N Buaran Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata angket sebesar 58 berada di interval 56 – 59 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs N Buaran Pekalongan. Setelah dilakukan analisis perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana maka diperoleh perhitungan koefisiensi determinasi, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,489 atau 48,9 %. Hal ini dapat dijelaskan, bahwa sekitar 48,9 % motivasi belajar siswa di MTs N Buaran Pekalongan (X) dipengaruhi oleh variabel kompetensi guru di MTs N Buaran Pekalongan (Y). Sedangkan sebesar 51,1 % dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini seperti:

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:50
Last Modified: 04 Oct 2016 01:50
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item