Wiyono, Anton (2016) PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN RESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS 5 DI SDN KARANGANOM KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER JUDUL.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2.PERNYATAAN.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGESAHAN.pdf Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Taman Pendidikan Al qur’an merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan bagaimana cara menulis dan membaca huruf al qur’an, serta pengetahuan agama. Dalam proses belajar mengajar, siswa sangat diperhatikan guru dalam meraih prestasi. Salah satu contohnya anak terdorong mengikuti TPQ sebagai tempat mencari pengetahuan agama. Dengan hal ini peran TPQ menjadikan anak menjadi lebih baik dalam meraih prestasi berbeda dengan anak yang tidak mengikuti TPQ mereka anjlok dalam prestasi di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini sebagaimana yang terjadi di SDN Karanganom. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini meliputi: bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas 5 SDN Karanganom dan bagaimana peran taman pendidikan al qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas 5 SDN Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan prestasi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas 5 di SDN Karanganom dan Untuk mendeskripsikan peran taman pendidikan al qur’an dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Kegunaan penelitian ini untuk Sumbangan ilmu pendidikan, khususnya dalam pengembangan taman pendidikan al-qur’an sebagai wujud kepedulian akan urgennya dalam pembelajaran pendidikan agma islam, untuk mengembangkan kemampuan penulis dalam memahami dan mengerti tentang ilmu pendidikan anak khususnya, dan sebagai kontribusi kepada pihak pengelola SDN Karanganom terutama dalam meningkatkan prestasi belajaran pendidikan agama islam dan dapat meningkatkan kepedulian terhadap taman pendidikan al-qur’an bagi masyarakat pada umumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas 5 SDN Karanganom baik; prestasi belajar siswa yang mengikuti taman pendidikan al qur’an lebih baik dan memenuhi KKM dibanding siswa yang tidak ikut taman pendidikan al qur’an. Taman pendidikan al qur’an sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam karena meningkatkan baca tulis al qur’an, meningkatkan pengetahuan keagamaan, meningkatkan do’a-do’a harian dan meningkatkan hafalan surat-surat pendek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman Pendidikan Al Qur’an dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 01:34 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 01:34 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1137 |
Actions (login required)
View Item |