IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DALAM KELUARGA NELAYAN DI DESA KEDAWUNG BANYUPUTIH BATANG

Rohmah, Fatkhu (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DALAM KELUARGA NELAYAN DI DESA KEDAWUNG BANYUPUTIH BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (25kB) | Preview
Preview
Text
2.PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
3.NOTA DINAS.pdf

Download (759kB) | Preview
Preview
Text
4.PENGESAHAN.pdf

Download (929kB) | Preview
Preview
Text
7.HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
Preview
Text
9.HALAMAN DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
Preview
Text
10.BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
Preview
Text
12.BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
Preview
Text
13.BAB IV.pdf

Download (136kB) | Preview
Preview
Text
14.BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
Preview
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan moral adalah bimbingan secara lahir batin yang diberikan atau diajarkan kepada anak untuk membentuk budi pekerti luhur, berakhlak mulia, dan berperilaku terpuji. Dalam menyajikan pendidikan moral, orangtua diharapkan membantu anak mengembangkan dirinya, baik secara keilmuan maupun secara mental spiritual keagamaan. Pada realita dewasa ini, pendidikan moral jarang disentuh terutama dalam keluarga. Desa Kedawung Banyuputih Batang merupakan salah satu desa pesisir di Kabupaten Batang. Dengan kesibukan-kesibukan para orang tua nelayan atau ayah sehingga intensitas bertemu dengan anak dirumah jadi berkurang. Jadi mereka tidak terlalu memperhatikan pendidikan moral anaknya. Mereka hanya sibuk mencari uang untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut rumusan masalah yang akan dikaji adalah bagaimana implementasi pendidikan moral dalam keluarga nelayan di desa Kedawung Banyuputih Batang, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan moral dalam keluarga nelayan di desa Kedawung Banyuputih Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral dalam keluarga nelayan di desa Kedawung Banyuputih Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang dipakai oleh penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk pertayaan-pertanyaan atau kata-kata yang berasal dari sumber data yang diamati/diteliti agar mudah dipahami. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan moral dalam keluarga nelayan di desa Kedawung Banyuputih Batang berjalan dengan cukup baik, kegiatan-kegiatan pembiasaan, tata tertib rumah yang menjadi peraturan, orangtua yang menjadi panutan, serta bertanggung jawab. Dilakukan dengan sangat beragam, mulai dari mengajari etiket yang baik dalam keluarga, kegiatan-kegiatan pembiasaan, serta kegiatan-kegiatan lain kaitannya dengan pembinaan moral. Faktor pendukungnya adalah keluarga, lingkungan sekitar dan kesadaran anak. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pengaruh media, lingkungan sekitar dan teman sejawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Keluarga Nelayan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2016 02:30
Last Modified: 03 Oct 2016 02:30
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item