Antoni, Heri Rubi (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN PADA SISWA MIS KALIKETING DORO PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
2.PERNYATAAN.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
3.NOTA DINAS.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGESAHAN.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI & DAFTAR TABEL.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab III.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Tingkat pendidikan orang tua berbeda-beda. Orang tua yang memiliki pendidikan yang tinggi akan senantiasa berusaha semaksimal mungkin agar anaknya juga memperoleh pendidikan yang tinggi pula. Jadi dengan tingkat pendidikan orang tua yang tinggi dapatlah menghidupkan atau memacu semangat dan memotivasi anaknya untuk belajar dan menempuh pendidikan yang tinggi pula. Tingkat pendidikan orang tua menjadi salah satu faktor keberhasilan siswa dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar yang dimaksud adalah motivasi untuk melanjutkan pendidikan. Tingkat pendidikan Orang Tua dapat menjadi salah satu faktor yang berguna untuk memprediksi minat seorang anak, karena tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi cara orang tua dalam mengarahkan minat anaknya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Makin tinggi pengalaman pendidikan atau ilmu pendidikan yang dimiliki oleh orang tua akan mudah membuka wawasannya dan membimbing serta mengarahkan anaknya untuk melanjutkan studi atau pendidikan. Permasalahan yang dibahas meliputi bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa MIS Kaliketing Doro Pekalongan, bagaimana motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa MIS Kaliketing Doro Pekalongan, serta bagaimana pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa MIS Kaliketing Doro pekalongan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua siswa MIS Kaliketing Doro pekalongan, untuk mengetahui motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa MIS Kaliketing Doro Pekalongan, serta untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi melanjutkann pendidikan pada siswa MIS Kaliketing Doro pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini yaitu memberikan sumbangan bagi pengembangna belajar, dapat memperkaya khasanah pendidikan dan ilmu pendidikan, diharapkan mampu memberi pandangan kepada anak tentang pentingnya pendidikan dan dapat menumbuhkan motivasi dalam belajarnya, agar orang tua memberikan kasig sayang, perhatian, dan motivasi belajar anak-anaknya, serta dapat memberikan masukan bagi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar dan memotivasi anaknya untuk melakukan belajar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dan angket. Analisisnya dengan analisis statistik dan menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat pendidikan orang tua siswa MIS Kaliketing diperoleh bahwa presentase tertinggi pada jenjang pendidikan SMP dengan frekuensi 18 orang dan presentasenya 54,55%. Dari data tersebut maka rata-rata tingkat pendidikan orang tua siswa MIS Kaliketing adalah jenjang pendidikan SMP yang memiliki jumlah 18. Motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa MIS Kaliketing Doro Pekalongan (variabel Y) cukup baik dengan rata-rata 47,75 yag berada pada interval 47-48. Nilai koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,443. Tingkat pendidikan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa MIS Kaliketing Doro Pekalongan. Hal ini terbukti padatingkat signifikan 5% nilai ttabel = 1,695, maka ttest = 2,754 > ttabel = 1,695 , dan pada taraf 1% nilai ttabel= 2,452 maka ttest = 2,754 > ttabel = 2,452 sehingga sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Maka disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Melanjutkan Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 01:42 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 01:42 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1127 |
Actions (login required)
View Item |