Hidayah, Nurul (2016) PERAN GURU PAI BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH YMI WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang peran Guru PAI bagi pembentukan karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dengan alasan bahwa guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal pada umumnya, karena bagi siswa, seorang guru, khususnya guru PAI sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identifikasi diri. Oleh sebab itu, guru PAI memiliki perilaku dan kemampuan yang memadai untuk mengembangkan siswanya secara utuh.Untuk melaksanakan tugasnya secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo kabupaten pekalongan, dan bagaimana peran guru PAI bagi pembentukan karakter gsiswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgokabupatanpekalongan. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo kabupaten pekalongan, dan peran guru PAI bagi pembentukan karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo kabupatan pekalongan. Secara teoritis penelitian ini dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru PAI agar dapat mengetahui perkembangan karakter para siswanya, dan diharapkan dapat menambah wacana dalam peningkatan peran guru PAI yang membentuk karakter siswa. Secara praktis penelitian ini berguna bagi guru PAI yang mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk karakter siswa terwujudnya suatu kondisi sekolah/madrasah yang tertib dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian dari penulisan ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo kabupaten pekalongan dalam berperilaku maupun bersikap sudah menunjukkan hasil yang baik dan telah mampu mengapresiasikan dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam seperti sikap religius, disiplin, kebersihan, kerapian, dan tanggung jawab sebagai target atau tujuan kegiatan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Peran guru PAI bagi pembentukan karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah YMI Wonopringgo kabupaten Pekalongan telah menujukkan hasil yang optimal dalam beperan sebagai teladan bagi siswa, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI dan Karakter Siswa |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
| Date Deposited: | 30 Sep 2016 01:44 |
| Last Modified: | 30 Sep 2016 01:44 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
| View Item |