IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING PADA BANK MUAMALAT INDONESIA (BMI) CABANG PEKALONGAN

Nilasari, Hening Rahma (2011) IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING PADA BANK MUAMALAT INDONESIA (BMI) CABANG PEKALONGAN. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
Hening Full text.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Industri perbankan syariah pada masa sekarang ini menghadapi lingkungan persaingan yang semakin kompetitif. Upaya bank untuk dapat tetap hidup, menciptakan dan mempertahankan nasabah menjadi prioritas yang besar bagi bank. Strategi yang tepat untuk menarik nasabah hendaknya disusun secara cermat, supaya nasabah bersedia membeli produk atau jasa perbankan. Lebih dari itu, dengan segala kiatnya bank juga terus berupaya agar nasabah menjadi loyal. Hal ini tentu berkaitan erat dengan konsep pemasaran yang digunakan. Dengan didorong oleh pertumbuhan sistem Ekonomi Islam, maka lahirlah konsep pemasaran yang disebut Syariah Marketing. Dalam konsep ini terdapat 17 prinsip yang didasarkan pada nilai-nilai syariah dan diadaftasi dari perilaku bisnis Nabi Muhammad SAW yang mendasarkan pada empat sifat istimewanya. Penelitian ini berusaha meneliti implementasi Syariah Marketing pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Pekalongan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak terkait yang dalam hal ini AM Funding dari Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang mempunyai hubungan erta dengan permasalahan yang akan diteliti dan membandingkannya dengan pengetahuan teori untuk merumuskan persoalan serta kemungkianan untuk mencari pemecahannya. Selain itu disempurnakan dengan metode analisis analitik yang akan digunakan untuk menarik kesimpulan dari data yang diperoleh yang dalam hal ini akan menggambarkan bagaimana implementasi Syariah Marketing di Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Syariah Marketing di Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Pekalongan telah sesuai dengan nilai-nilai syariah meski belum sepenuhnya didasarkan pada konsep Syariah Marketing secara teoritis. Hal ini dikarenakan faktor SDM yang mayoritas bukan berasal dari perguruan tinggi Islam yang mana mengupas nilai-nilai syariah dalam berbagai dimensi ilmu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI SYARIAH, MARKETING
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi D3 Perbankan Syariah (PBS)
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:51
Last Modified: 12 May 2017 01:22
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item