Athfal, Akhfadzul (2015) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI TAJWID DALAM MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI KELAS VIII MTS SUNAN KALIJAGA BAWANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
BAGIAN.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah sebagai pendidikan yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diselengarakan setelah Madrasah Ibtida'iyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD) dan sebelum Madrasah Aliyah (MA) atau Sekolah Menegah Atas (SMA). Memiliki kelompok sasaran anak usia 12-15 tahun. Pendidikan pada perkembangan anak dalam menuju remaja, pada masa ini menjadi sangat menghawatirkan, mulai dari perkembangan fisik maupun awal perkembangan pergaulan. Oleh karena itu kegiatan pelaksanaan program di MTs juga harus memperhatikan lingkungan dan pergaulan siswa. media menjadi jembatan informasi, kondisi siswa dan evaluasi pembelajaran menjadi hal yang penting. Yang semuanya harus saling berkaitan dan mendudukung. Dengan pembelajaran materi atajwid dengan penggunaan media berbasis computer diharapkan dapat meningkatkan siswa untuk antusias dalam belajar ilmu pengetahuan tentang al-Qur'an selain untuk bertujuan memberi wawasan terhadap materi juga diharapkan siswa akan lebih aktif dan selalu mengamalkan ilmu pengetahuan al-Qur'an. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat tema penggunaan multimedia interaktif pada materi tajwid sebagai obyek penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu: Bagaimana penggunaan multimedia interaktif pada materi tajwid dalam mata pelajaran Qur'an Hadits di kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang dan apa factor yang mendukung dan menghambat penggunaan multimedia interaktif pada materi tajwid dalam mata pelajaran Qur'an Hadits di kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang . Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah bagi Guru, apabila memang merasa media ini tepat untuk metode pengajaran yang ingin dilakukan dan mencobanya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran berikut media yang digunakan. Bagi Siswa, dapat mendapatkan berbagai variasi pembelajaran sehingga tidak membosankan dan siswa semakin semangat sekolah. Bagi Para kepala sekolah dan institut pendidikan, agar lebih memperhatikan kondisi Proses Pembelajaran yang dilakukan guru agar pembelajaran tidak monoton. Penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangan pemikiran bagi berbagai pihak terkait. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka angka. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif pada materi tajwid yang digunakan oleh guru di MTs Sunan Kalijaga Bawang untuk kelas VIII serta faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran dalam penggunaan multimedia interaktif pada materi tajwid adalah nama media tersebut Tajwid, dengan tipe Application (EXE) Macromedia Flash Player 7.0 r14, dengan ukuran 3.35 MB, dan didalam aplikasi tersebut terdapat 8 pokok materi yang disajikan yaitu Bentuk, makhraj dan sifat huruf hijaiyah, Izh-Haar, Idghaam, Iqlaab, Ikhfa', Qalqalah, Waqaf, dan Madd. Sedangkan faktor yang mendukung adalah adanya ruang laboratorium komputer sebagai tempat penggunaan multimedia interaktif dan adanya kegiatan tadarus al-Qur'an setiap pagi sebelum pembelajaran dan faktor yang menghambat adalah keadaan siswa yang tidak meratanya kemampuaan siswa dalam mengoprasikan komputer dan jumlah komputer yang belum mencukupi sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 02 May 2016 07:25 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 00:07 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/110 |
Actions (login required)
View Item |