PENGARUH MODAL MINIMAL INVESTASI, PROMOSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DINAR DI GERAI DINAR BMT DAARUL MUSTAQIIM PEKALONGAN

Wijayanti, Rima (2015) PENGARUH MODAL MINIMAL INVESTASI, PROMOSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DINAR DI GERAI DINAR BMT DAARUL MUSTAQIIM PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (17MB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (18MB) | Preview
Preview
Text
9.DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
Preview
Text
14.BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
Preview
Text
15.BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
Preview
Text
16.BAB III.pdf

Download (223kB) | Preview
Preview
Text
17.BAB IV.pdf

Download (341kB) | Preview
Preview
Text
18.BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
Preview
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Setiap manusia memerlukan harta untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Karenanya, manusia akan selalu berusaha memperoleh harta kekayaan tersebut. Salah satunya melalui kegiatan investasi. Modal minimal investasi, promosi dan pengetahuan merupakan bagian dari faktor-faktor yang dipertimbangkan seseorang sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi. Adanya modal minimal investasi sangat dipertimbangkan karena di dalamnya terdapat perhitungan estimasi dana untuk investasi, semakin minimum dana yang dibutuhkan akan semakin tinggi pula minat seseorang untuk berinvestasi. Disamping itu promosi juga merupakan kegiatan penting bagi setiap perusahaan karena sebaik apapun produk yang dihasilkan jika tidak dikenal oleh nasabah maka produk tersebut tidak akan berhasil dipasaran. Pengetahuan seseorang juga akan mempengaruhi keputusannya, ketika seseorang memiliki pengetahuan lebih banyak maka ia akan lebih baik dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal minimal investasi, promosi dan pengetahuan terhadap minat mahasiswa berinvestasi Dinar. Teknik pengumpulan datanya dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji non-response bias serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t secara parsial dan uji F secara simultan dengan taraf signifikansi kurang dari 5% (0.05), serta uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan uji t menunjukkan bahwa modal minimal investasi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi Dinar dengan signifikansi 0.413 lebih dari 0.05. Promosi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi Dinar dengan signifikansi 0.056 lebih dari 0.05. Pengetahuan berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi Dinar dengan signifikansi 0.041 kurang dari 0.05. Berdasarkan uji F dapat disimpulkan bahwa modal minimal investasi, promosi dan pengetahuan berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi Dinar, hal ini berdasarkan perhitungan nilai signifikansi uji F sebesar 0.007 lebih kecil dari 0.05. Kemampuan untuk memprediksi variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0.277 atau 27.7% sedangkan sisanya 72.3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dinar, Minat, Modal Minimal Investasi, Promosi dan Pengetahuan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah(EKOS)
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:23
Last Modified: 07 Apr 2017 01:17
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item