Istiqomah, Nur (2011) ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA PIHAK KETIGA DI BNI SYARIAH CABANG PEKALONGAN. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
halaman awal TA.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
halaman akhir TA.doc Download (63kB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis perbankan syariah semakin berkembang dan perbankan syariah memasuki pasar jasa. Bank-bank syariah yang ada berlomba-lomba untuk menghasilkan produk jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabahnya untuk bertahan hidup, memaksimalkan laba dan memperbesar market share. Kondisi demikian tentunya akan menimbulkan persaingan yang kompetitif bagi perbankan syariah dalam hal memasarkan produk jasanya, sehingga bank syariah perlu mengemas kegiatan pemasaran dengan baik dan selalu melakukan riset pasar. Strategi pemasaran untuk produk barang dikenal dengan 4P marketing mix, sedangkan untuk produk jasa lebih luas lagi yaitu 7P marketing mix yang terdiri dari elemen product, price, place, promotion, people, phisical evidence dan process. Penelitian ini berusaha meneliti implementasi dan pengaruh marketing mix dalam menghimpun dana pihak ketiga di BNI Syariah Cabang Pekalongan yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi serta pengaruh marketing mix dalam menghimpun dana pihak ketiga. Kegunaan penelitian ini secara pribadi untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan program Diploma III (D III) guna mendapatkan gelar Ahli Madya jurusan Perbankan Syariah pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Bagi pihak BNI Syariah Pekalongan sebagai bahan acuan dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada sekaligus mengembangkan sistem perbankan syariah sesuai syariat islam. Sedangkan secara teoritis untuk menambah pengetahuan tentang implementasi dan pengaruh penggunaan marketing mix terhadap dana pihak ketiga di BNI Syariah Cabang pekalongan, serta sebagai bahan tambahan informasi dan referensi bagi mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian field research yang dilakukan di BNI Syariah Cabang Pekalongan dan pendekatan penelitian kualitatif yang memberikan suatu gambaran mengenai implementasi dan pengaruh marketing mix dalam menghimpun DPK di BNI Syariah Cabang Pekalongan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak terkait yang dalam hal ini Penyelia Dana dan SCO dari Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan dan data sekunder yang diperoleh dari data laporan peningkatan DPK serta arsip-arsip mengenai produk-produk penghimpunan dana. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu metode observasi yang langsung menuju pada Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan, metode wawancara dengan pihak terkait yang dalam hal ini Penyelia Dana dan SCO dari Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan, serta metode dokumentasi yang diambil dari arsip-arsip mengenai produk-produk DPK BNI Syariah Cabang Pekalongan. Metode Analisis data yang digunakan penulis yaitu metode induktif dan pendekatan deskriptif kualitatif yang akan digunakan untuk menarik kesimpulan dari data yang diperoleh yang dalam hal ini akan menggambarkan bagaimana pengaruh marketing mix terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di BNI Syariah Cabang Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh marketing mix terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di BNI Syariah Cabang Pekalongan pengaruhnya saling terkait, karena merupakan perpaduan elemen-elemen yang di perlukan nasabah dan bank BNI Syariah itu sendiri. Secara keseluruhan, prosentase pertumbuhan DPK naik 21%. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya prosentase komposisi dana murah BNI Syariah Cabang Pekalongan yang terdiri dari tabungan dan giro. Elemen marketing mix yang berpengaruh dominan terhadap pertumbuhan DPK yaitu elemen produk (product). Karena produk mengalami daur siklus produk di mana pertumbuhan produk bisa naik turun dalam siklus tertentu.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MARKETING MIX |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
| Divisions: | Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi D3 Perbankan Syariah (PBS) |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 20 Sep 2016 07:46 |
| Last Modified: | 20 Mar 2017 07:24 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
| View Item |