Maulana, Akmal (2015) Implementasi Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 4.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 5.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Peraturan atau tata tertib di sekolah merupakan hal yang penting dalam menumbuhkan atau meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa siswa yang tidak melaksanakan peraturan di sekolah maka kedisiplinan di luar pun rendah atau menurun. Mengingat peraturan merupakan hal yang sangat penting dalam segala kegiatan terutama disiplin belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa kedisiplinan di sekolah merupakan alat yang penting atau pendorong dalam menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Disinilah semua guru di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan berusaha memberikan contoh dan dorongan dalam melaksanakan peraturan sekolah guna meningkatkan kedisiplinan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan? Kendala apa saja yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. untuk mengetahui kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan ada 4 (empat) cara yakni: memberikan pendekatan konseling bagi siswa, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa, menggiatkan ekstrakurikuler di madrasah dan mengajak siswa untuk melakukan kegiatankegiatan Ibadah. Kedua, Kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan ada 2 macam, yakni: Kendala dari dalam diri siswa, meliputi: kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua, ketidakharmonisan dalam keluarga, adanya rasa malu dalam diri siswa untuk berkonsultasi kepada guru, dan adanya permasalahan dalam keluarga. Sedangkan kendala dari luar diri siswa, meliputi: tenaga guru bimbingan konseling yang kurang, kurangnya tindakan tegas dari pihak madrasah, dan tidak adanya jadwal guru piket pagi pintu gerbang yang bertugas menyalami siswa dan mengingatkan siswa yang tidak tertib
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peraturan Sekolah, Kedisiplinan Siswa |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 02 May 2016 06:42 |
| Last Modified: | 02 May 2016 06:42 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/107 |
Actions (login required)
| View Item |