Ul Aliyah, Kumbihok (2016) PERAN GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMP ISLAM SUBHANAH SUBAH BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. Cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2.PERNYATAAN.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
3.NOTA DINAS.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGESAHAN.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB I.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Sekolah dinilai kadangkala gagal dalam membina religiusitas siswa, akibatnya banyak siswa mencontek, tawuran, dan kenakalan remaja. Semua itu terjadi karena ketidakberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah. PAI sering dijadikan kambing hitam dan dituding sebagai pihak yang paling bertanggungjawab dalam permasalahan ini. Salah satu upaya yang dilakukan guru PAI di SMP Islam Subhanah Subah adalah dengan cara mengembangkan religiusitas siswa. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: bagaimana peran guru PAI dalam pengembangan religiusitas siswa di SMP Islam Subhanah Subah Batang, Bagaimana perkembangan religiusitas siswa di SMP Islam Subhanah Subah Batang, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan religiusitas siswa di SMP Islam Subhanah Subah Batang. Tujuan Penelitiannya adalah untuk mendeskipsikan peran guru PAI dalam pengembangan religiusitas siswa, untuk mendeskripsikan perkembangan religiusitas siswa, dan untuk mendeskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengembangkan religiusitas siswa di SMP Islam Subhanah Subah Batang.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: Reduksi Data (Data Reduktion), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam pengembangan religiusitas siswa di SMP Islam Subhanah Subah Batang meliputi:Pengelolah kelas, Motivator, pembimbing, teladan dan Guru PAI memberikan hukuman yang mendidik terhadap siswa yang tidak mengikuti kegiatan keagamaan dan berakhlak buruk. Perkembangan religiusitas siswa di SMP Islam Subhanah Subah Batang dari dimensi keyakinan, dimensi pengetahuan, dimensi praktik, dimensi pengamalan dan dimensi pengamalan sudah baik. Faktor pendukung dalam pengembangan religiusitas siswa, meliputi: Suasana Religius di sekolah atau budaya pendidikan di lingkungan sekolah, dukungan dari Kepala Sekolah, dan dukungan dari Bapak atau Ibu Guru. Adapun faktor penghambat dalam pengembangan religiusitas siswa, meliputi: Perkembangan teknologi yang semakin canggih, kurang luasnya bangunan yang digunakan sebagai tempat sholat, kurangnya kepedulian orang tua terhadap keagamaan siswa, dan pengaruh lingkungan pergaulan yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Pengembangan Religiusitas Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 01:49 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 01:49 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
View Item |