PERAN GURU PENDAMPING KELAS DALAM PEMBELAJARAN SISWA KELAS SATU DI MI MA’ARIF NU BANGLARANGAN

Khamidah, Nurul (2016) PERAN GURU PENDAMPING KELAS DALAM PEMBELAJARAN SISWA KELAS SATU DI MI MA’ARIF NU BANGLARANGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. HALM. judul.pdf

Download (107kB) | Preview
Preview
Text
2. P E R N Y A T A A N.pdf

Download (140kB) | Preview
Preview
Text
3.NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (155kB) | Preview
Preview
Text
4. pengesahan.pdf

Download (211kB) | Preview
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
Preview
Text
9.DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
Preview
Text
10.BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
Preview
Text
12.BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
Preview
Text
13.BAB IV1.pdf

Download (207kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
Preview
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Perkembangan pendidikan pada saat ini bermacam - macam metode yang diterapkan dalam lembaga pendidikan mengikuti perkembanagn kurikulum yang ada sekarang ini, dunia pendidikan harus mencetak anak-anak berbudi luhur dapat berguna bagi bangsa dan negara demi mewujudkan anak bangsa yang cerdas sebagai penerus bangsa kita, karena itulah dunia pendidikan berlomba-lomba demi mencapai suksesnya anak didik yang cerdas dan pintar serta soleh solehah dengan membuat berbagai macam program-program pendidikan untuk memunculkan bibit-bibit anak negeri yang cerdas, berakhlakul karimah yang dapat mengerti dan mengimbangi ilmu dengan syari’at islam. Salah satunya yang menjadi program untuk kemajuan pendidikan saat ini ialah peran guru pendamping pada tingkat kelas satu. Melihat latar belakang diatas maka yang menjadi rumusan masalah adalah (1) bagaimana peran guru pendamping kelas dalam pembelajaran siswa kelas satu di MI ma’arif NU banglarangan Ampelgading?, (2) apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat peran guru pendamping kelas dalam pembelajaran siswa kelas satu?, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mengidentifikasi peran guru pendamping kelas dalam pembelajaran siswa kelas satu Mi Ma’arif NU Banglarangan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatsebagai bahan literatur akademis dan dapat menambah wawasan kita mengenai pentingnya guru pendamping kelas dalam pembelajaran kelas satu di MI ma’arif NU banglarangan. Secara praktis penelitian ini diharapkan memiliki kegunaan sebagai bahan masukan bagi para guru tentang pentingnya guru pendamping pada kelas satu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada gejala yang bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang dilakukan dengan mempelajari secara intensif latar belakang, interaksi lingkunagn yang terjadi pada satu unit sosial, individu, kelompok dan lembaga masyarakat. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menyebutkan dengan adanya guru pendamping pada kelas satu ini siswa mampu memahami pada setiap pelajaran yang disampaikan, siswa fokus dengan kegiatan belajar mengajar, memperhatikan penuh disetiap pelajaran yang telah disampaikan oleh guru, yang dapat dilihat dari adanya pendampingan guru disini guru kelas menjadi terbantu dalam mengamati siswa, dan mempermudah guru dalam menciptakan kelas yang kondusif, adanya pendampingan guru dalam kelas satu disini yaitu siswa mampu mencapai target pembelajaran secara sempurna terutama pada pengetahuan membaca dan berhitung.yang menjadi penunjang dari adanya peran guru pendamping disini ialah siswa memperhatikan penuh pada setiap pelajaran yang disampaikan oleh guru, mempermudah guru dalam menguasai kelas, namun adapun yang menjadi faktor penghambat disini yaitu guru pendamping disini masih jarang digunakan pada sekolah-sekolah lain sehingga menimbulkan beberapa pertanyaan wali murid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru pendamping, pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2016 01:30
Last Modified: 08 Sep 2016 01:30
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item