Chakim, Shodiq Lutfi (2016) PERAN TRADISI TADARUSAN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI SISWA CINTA AL QUR’AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYAH PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
2PERNYATAAN.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
3.NOTA DINAS.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGESAHAN.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
8.abtrak. x-xi,.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
10.Daftar Isi, xiv-xv..pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
12.Daftar tabel, xvi..pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
13.BAB I.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB II.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
15.BAB III.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
16.BAB IV.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
17.BAB V.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Sekolah Dasar (SD) adalah pendidikan tingkat awal (dasar) yang berisikan anak-anak diusia antara 6-12 tahun. Pendidikan pada perkembangan anak tingkat awal atau dasar, pada masa ini menjadi sangat penting, dikarenakan akan menjadi modal awal dalam tingkat seterusnya. Oleh karena itu kegiatan pelaksanaan program di SD juga harus memperhatikan semua aspek, baik kecerdasan otak, kepribadian dan kreativitasnya. Dengan kegiatan tradisi tadarusan menjadi jembatan pada aspek-aspek tersebut walaupun belum secara maksimal, tetapi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kecerdasan otak, dasar kepribadian yang baik dan kreativitas dalam membaca al-Qur’an. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat tema peran tradisi tadarusan dalam menumbuhkan motivasi siswa cinta Al-Qur’an sebagai obyek penelitian ini. Kegiatan tadarus Al Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan termasuk kegiatan ekstra kulikuler yang dilaksanakan setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai selama 45 menit dari pukul 06.45-07.30 WIB. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) Bagaimana tradisi tadarusan Siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan? (2) Bagaimana cinta siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan kepada Al-Qur’an? (3) Bagaimana peran tradisi tadarusan dalam menumbuhkan motivasi siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah bagi guru, semoga menjadi masukan dalam upaya peningkatan proses kegiatan pembelajaran khusunya pelajaran agama islam salah satunya dengan tadarus Al-Qur’an. Bagi siswa, dapat mendapatkan pembelajaran tentang Al-Qur’an yang lebih banyak sehingga siswa semakin semangat dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Bagi kepala sekolah dan institut pendidikan, agar lebih memperhatikan kondisi proses tadarusan yang dilakukan guru agar kegiatan disekolah tidak monoton. Penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangan pemikiran bagi berbagai pihak terkait. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka angka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Tradisi, Motivasi, Cinta, Tadarusan Al-Qur’an. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 01:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 01:08 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1019 |
Actions (login required)
View Item |